Prinsip dari instalasi sound sentral sekolah adalah setiap speaker yang dipasang di kelas atau di ruang lainnya, ditarik kabel instalasinya sampai menuju ruang sentral yang terletak di lokasi tertentu dan dihubungkan ke speaker selector yang berfungsi menyambung atau memutuskan penyaluran suara dari amplifier ke speaker. Mudah bukan?…

Memang instalasi sound sentral sekolah itu mudah dan siapapun bisa melakukannya kalau tahu prinsipnya. Yang membuatnya menjadi kelihatan sulit dan membingungkan adalah banyaknya kabel instalasi yang tidak mungkin dihindari sebagai akibat dari pemasangan kabel saluran speaker dari masing-masing kelas atau ruang menuju ke titik sentral.

Jadi masalah sebenarnya dalam instalasi sound sentral sekolah adalah bukan pada faktor teknis tapi justru pada faktor non teknis yaitu masalah manajemen kabel.

Instalasi sound sentral sekolah dibagi menjadi dua bagian, yaitu instalasi untuk bagian sentral dan instalasi untuk bagian speaker ruang / kelas. Di bagian 1 ini saya akan fokuskan terlebih dahulu pada instalasi sound sentral untuk bagian speaker kelas / ruang yaitu menjelaskan beberapa teknik instalasi dari titik speaker menuju ke ruang sentral.

Instalasi Sound Sentral SekolahOK, kita mulai dengan pemasangan speaker dalam kelas / ruang. Untuk ukuran umum ruang kelas yang sekitar 8×8 meter, idealnya adalah menggunakan dua unit speaker TOA ZS-062. Pemasangan speaker sangat mudah dan sederhana, yaitu dipasang sama seperti pemasangan jam dinding.

Gunakan fisher dan sekrup jika dinding sekolah cukup kuat untuk dibor, atau paku beton 7 cm jika dinding kurang bagus (empuk). Untuk kemudahan, buat mal titik gantungan agar tidak harus mengukur titik gantungan pada setiap speaker.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Selanjutnya karena dalam satu ruang dipasang 2 unit speaker, maka kabel kedua speaker tersebut harus disambung secara paralel terlebih dahulu. Kabel putih gabung dengan putih, hitam dengan hitam sehingga hanya menjadi satu saluran saja yang menuju ke sentral. Tentang speaker sound sentral sekolah dapat anda baca dalam postingan tersendiri di website ini.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Dan berikut adalah beberapa teknik instalasi sound sentral sekolah :

1. Teknik instalasi Direct (Langsung)

Instalasi langsung adalah teknik instalasi yang paling mudah dilakukan, yaitu dengan cara menarik dua kabel HOT dan COM dari masing – masing titik speaker langsung menuju ke terminal speaker selector di ruang sentral. Untuk mempermudah, dalam gambar di bawah ini saya umpamakan kabel HOT berwarna merah dan kabel COM berwarna hitam. (Aslinya untuk sistem high impedance 100V Line, kabel HOT warna hitam dan kabel COM warna putih).

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Kabel HOT dan COM dari masing – masing speaker disambungkan langsung ke titik HOT dan COM sesuai nomor saluran pada output speaker selector.

Untuk kabel instalasi, anda bisa menggunakan kabel telepon isi 2 (yang selongsongnya warna abu – abu) atau kabel listrik 2×0,75 yang biasa saja. Dalam sistem high impedance 100V Line, jenis kabel tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas suara tapi kalau bisa pakai kabel kualitas tinggi itu lebih baik. Musuh utama kabel instalasi sound sentral sekolah adalah tikus dan cuaca.

Jika jalur instalasi dapat terlindung dari panas dan hujan secara langsung atau anda dapat melindungi jalur instalasi tersebut menggunakan pelindung kabel, maka kabel telepon isi 2 secara teknis sudah lebih dari cukup untuk menanggung beban daya 2 unit speaker TOA ZS-062.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Sebaiknya teknik instalasi langsung dengan menarik dua kabel HOT dan COM dari semua titik speaker menuju ke terminal speaker selector ini diaplikasikan untuk jumlah titik saluran speaker yang tidak terlalu banyak (di bawah 20 saluran).

Alternatif untuk menjaga kerapian kabel instalasi adalah dengan cara membuat terminal box sebagai tempat berkumpulnya kabel sebelum kabel masuk ke ruang sound sentral. Kotak terminal bisa anda buat dari papan multipleks atau partikel dan anda tempelkan di dinding luar ruang sound sentral. Yang penting kotak bisa melindungi terminal blok sebagai tempat instalasi kabelnya.

 

Terminal Box

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Dari gambar di atas saya membuat contoh instalasi untuk 10 titik speaker. Masing – masing jalur speaker saya tandai dengan kabel warna hitam untuk COM dan merah untuk HOT. Terminal blok adalah terminal kabel yang diletakkan di terminal box yang dipasang di dinding luar ruang sentral, sedangkan terminal speaker selector adalah terminal yang terpasang di Digital Switch Selector dalam ruang sentral.

Jika kabel ditarik masuk semua ke ruang sentral tentunya akan menjadi “gerombolan” kabel yang tidak enak dilihat, maka sebelum masuk ke ruang sentral kabel – kabel tersebut ditampung dulu di terminal box dan kabel COM dari masing – masing speaker digabung jadi satu.

Untuk menuju ke terminal speaker selector, gunakan kabel telepon isi 10 untuk masing – masing kabel HOT speaker dan 1 kabel listrik tunggal (NYA) 1,5,mm sebagai COM nya, atau gunakan kabel telepon isi 15. Gunakan yang 10 kabel untuk HOT masing – masing speaker dan 5 kabel digabung jadi satu untuk COM nya. Kabel COM harus lebih besar / banyak karena kabel ini menanggung beban COM untuk seluruh speaker.

Catatan : Terminal COM pada speaker selector Digital Switch Selector sudah dihubungkan menjadi satu. Kabel COM boleh anda letakkan pada sembarang titik pada saluran COM speaker selector.

2. Teknik Instalasi Bertingkat

Instalasi bertingkat adalah teknik yang saya kembangkan untuk mengatasi problem instalasi khususnya berkaitan jumlah kabel yang sangat banyak. Teknik ini menjamin, meskipun dalam jumlah yang banyak, kabel instalasi akan tampak rapi, aman, dan tidak mengganggu estetika secara umum. Pengecekan kerusakan pada saluran juga lebih mudah dilakukan.

Caranya adalah dengan menggunakan terminal – terminal box untuk mengelompokkan (grouping) kabel speaker berdasarkan letaknya dan kemudian menyambungkannya secara bertingkat. Terminal box ini juga sekaligus sebagai bak kontrol untuk pengecekan jika terjadi kerusakan pada saluran.

 

Diagram Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Instalasi bertingkat harus dikerjakan mulai dari kelompok lokal kelas paling belakang dan terus maju sampai pada titik speaker selector di ruang sentral sehingga kebutuhan terminal kabel pada terminal box masing – masing titik berbeda – beda.

Prinsip utama instalasi bertingkat adalah kabel HOT dari masing – masing titik speaker ditarik kabelnya sampai ruang sentral melewati terminal – terminal box yang disediakan sedangkan kabel COM digandeng secara berurutan sehingga hanya satu kabel saja yang sampai ruang sentral.

Untuk instalasi dari titik speaker kelas / ruang ke terminal box sub group dapat dilakukan dengan cara instalasi langsung. Jika kelas / ruang berada dalam lokal gedung bertingkat, terminal sub group dapat diberikan untuk masing-masing lantai. Arahkan jalur instalasi menuju bagian luar dan gunakan kabel protektor agar rapi. Jika tidak bertingkat, arahkan kabel naik melalui atas plafon.

Lakukan langkah di atas untuk setiap kelas / ruang pada lokal bangunan tersebut sampai ke terminal sub group. Dalam terminal sub group ini, satukan kabel COM menjadi satu titik.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Sedangkan untuk instalasi dari terminal sub group ke group atau antar group, gunakan kabel telepon sesuai jumlah yang dibutuhkan. Mulai dari titik ini, kabel telepon adalah hanya khusus untuk jalur HOT dan untuk jalur COM gunakan kabel listrik tunggal (NYA) 1,5 mm.

Jangan lupa, mulai dari langkah ini juga, catat setiap jalur berdasarkan warna pada kabel telepon dan dokumentasikan sebaik mungkin. Catatan ini akan berguna pada saat ada gangguan pada saluran, juga untuk kemudahan menentukan nomor saluran untuk kelas / ruang.

Instalasikan semuanya langkah demi langkah mulai dari terminal box pertama sampai berakhir di ruang sentral.

Pemahaman lebih jelas tentang instalasi bertingkat nanti dapat anda baca dalam posting Contoh Instalasi Dan Dokumentasi Kabel Sound Sentral Sekolah.

Instalasi bertingkat cocok untuk diaplikasikan pada sekolah yang memiliki lokal – lokal kelas yang terpisah – pisah yang setiap lokal biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kelas.

3. Teknik Instalasi Khusus

Teknik instalasi khusus digunakan untuk mengatasi kondisi tertentu berkaitan dengan tata ruang dalam lingkungan sekolah. Secara umum, bangunan setiap lokal adalah berdiri sendiri-sendiri (ada jarak berupa ruang kosong).

Jika instalasi mau tidak mau harus “menyeberang” melalui ruang kosong ini, maka instalasi harus dipastikan aman dari gangguan apapun, khususnya cuaca yang dapat merusak kabel instalasi dan tangan jail.

Teknik instalasi khusus yang biasa kami lakukan adalah instalasi udara dan instalasi bawah tanah. Instalasi udara adalah merentangkan kabel instalasi dari bangunan satu ke bangunan yang lain melalui udara, sedangkan instalasi bawah tanah adalah memasukkan kabel instalasi melalui bawah tanah.

Untuk instalasi udara, gunakan pralon sebagai pelindung kabel dari sinar matahari atau hujan (cuaca adalah penyebab alamiah utama kerusakan kabel). Pastikan juga ketinggian bentangan ini tidak berada dalam jangkauan tangan.

Bagaimana agar rapi?…

Instalasi udara akan memiliki kecenderungan untuk melengkung. Agar tidak melengkung, ikat pralon pada kawat bentangan. Gunakan kawat yang cukup besar dan tarik menggunakan tracker sehingga meregang.

Caranya, pasang sekrup hole pada dua sisi secara sejajar. Kawat diikatkan langsung pada hole di satu sisi dan ikatkan kawat pada tracker yang sudah terlebih dahulu digantungkan di hole sisi yang lain. Tarik kawat dengan tracker dan setelah regangan kawat cukup kuat, ikatkan pralon pada kawat ini menggunakan kawat tembaga atau klem alumunium (usahakan bahan yang tidak berkarat).

Untuk instalasi bawah tanah, gunakan pralon untuk melindungi kabel. Lem setiap sambungan dengan kuat sehingga air tidak dapat masuk.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah

 

Beberapa tips untuk anda:

Cara menentukan kualitas kabel telepon untuk sound sentral sekolah

Harga sebanding dengan kualitas. Tetapi ada cara mudah menentukan kualitas kabel telepon layak anda gunakan atau tidak tanpa harus melihat harganya.

 

Cek Kabel Telepon

 

Caranya, tarik isolasi kawat kabel telepon dengan tangan kosong (ditekan kuku kemudian tarik). Jika isolasi kawat telepon tersebut tidak cukup ulet (mudah sekali terkupas), jangan gunakan untuk menghindari kesulitan pada saat instalasi.

Ingat, dalam pemasangan instalasi, kabel-kabel ini akan sering ditarik!

Cara mengetes jalur instalasi sound sentral sekolah

Untuk mengetes jalur instalasi sudah terhubung ke speaker atau putus dapat dilakukan dengan cara mudah tanpa perlu memberikan sumber input dari amplifier. Langkah ini dapat dilakukan pada setiap Terminal Sub Group maupun Group.

Caranya, gunakan Multimeter pada posisi Ohm Meter. Colok-kan probe Multimeter pada HOT dan COM masing-masing jalur. Jika jarum bergerak, maka dapat dipastikan jalur dalam kondisi baik. Jika tidak bergerak, kemungkinan yang bisa terjadi adalah ada salah satu jalur putus atau speaker rusak.

Cara menghindarkan kabel instalasi sound sentral dari gangguan tikus

  • Jika instalasi terpasang di atas plafon, jangan letakkan kabel pada bagian pinggir ruangan. Letakkan kabel minimal 30 cm dari pinggir.
  • Jika tidak ada jalur lain, olesi kabel instalasi dengan vaselin mobil (oleskan vaselin pada kain kemudian diurutkan pada kabel).
  • Lindungi dengan kabel protektor pada titik-titik tertentu
  • Jangan memegang kabel instalasi setelah memegang makanan yang dapat memberi aroma makanan pada kabel.
  • Tikus biasanya banyak berada pada area kantor seperti Ruang Guru atau Ruang Tata Usaha akibat dari sisa – sisa sampah makanan, snack, dll.

 

Instalasi Sound Sentral Sekolah (Bagian 1)